Pages

Ads 468x60px

Pengunjung

Minggu, 17 Juni 2018

Ngecat Rambut Sendiri di Rumah, Yey or Nay?

Anyong!
Udah sekian lama banget setelah postingan gua yang terakhir, akhirnya gua memutuskan untuk menulis lagi di sini. Butuh waktu lama buat ngumpuling ngerealisasiin kegiatan ini. Yang gua inget, gua pengin banget, pakek banget, ceritain dua bulan masa magang atau kalau di jurusan gua terkenalnya Praktik Industri (PI). Sayangnya, niat baik gua kalah kuat sama bakat mager gua yang mendarah daging ini. Beklah segitu aja kalimat pembukanya, mungkin di lain kesempatan kalau bakat rajin gua kambuh gua akan tunaikan keinginan gua ceritain dua bulan masa magang.

Sedikit info, kegiatan nulis gua kali ini disponsori oleh habisnya paket data hape yang gone (di rumah gak ada koneksi wayfay). Mohon maaf ternyata kalimat pengantar gua belum kelar, harap maklum kebiasaan penulis amatir yang segitu kangennya sama nulis sampe keluar-keluar dari outline gini :(

Mari kita mulai saja!
Sesuai judulnya, mungkin tulisan gua kali ini akan mengarah pada hal yang sedikit berbeda dari tema-tema tulisan w sebelumnya. Yak, ngecat rambut emang udah cita-cita gua dari jaman masih duduk di bangku SMA. Gua selalu ngidam tiap liat temen di sekolah yang ngecat rambut sendiri. Sebenernya sekolah nggak melarang (eh gatau deng sebenernya ngelarang atau enggak), selama warna cat rambut belum ngalahin warna gulali jajanan SD. Gua pun sebenernya tipe yang gak disiplin-disiplin amat. Gua bahkan pernah gak masuk sekolah satu hari karena gerbang sekolah gak dubukain buat siswa yang dateng terlambat. Jangan dicontoh, ya!

Selama jadi mahasiswa pun gua masih belum berani ngecat rambut, meski banyak senior yang warna rambutnya nyamain manisan kolang-kaling ibu gua yang dikasih pewarna makanan. Barulah setelah lulus kuliah, gua merasa tidak kuliah. Yaiyalah! Setelah lulus dan alhamdulillah dapet rezeki buat jadi seorang pegawai di ibu kota, tiba-tiba gua punya nyali buat ngecat rambut, sendiri. Karena kalau ngecat rambut satu kantor bakalan ribet.

Nah, setelah ulasan panjang nan gak penting di atas, kita sampai pada inti tulisan gua. Sebelum ngecat, gua banyak-banyak perdalam ilmu dengan berselancar di internet. Gua pelajari blog-blog beauty blogger dan berusaha memahami secara komprehensif video-video tutorial ngecat rambut sendiri di rumah. Cat rambut pertama yang gua beli yaitu Nyu shade Coppery Brown. Gua ngaplikasiin cat ini sesuai ilmu yang gua dapet sebelumnya. Sebenernya, cara pengaplikasiaanya udah terera jelas di kemasanya. Hanya gua nambahin conditioner ke dalem produkknya aja. 

Infonya, ini baik untuk ngeluarain warna si produk ketika udah nempel di rambut. Karena gua gak bleaching rambut, jadi perlu usaha keras buat bisa memiliki hasil terbaik. Beruhubung produk Nyu ini ukurannya cukup besar dibandingkan produk-produk cat rambut murah lainnya, jadi satu bungkus Nyu cukup buat diaplikasiin ke sekujur rambut gua yang panjang. Bagaimana dengan hasilnya? Warnanya cuma keluar ketika gua di bawah cahaya dan warnanya kurang sesuai dengan shade-nya, menurut gua ya. Warnanya cenderung merah, warna yang sangat amat gua hindari, pakek sangat amat ya.

Setelah satu minggu, gua ngecat rambut ulang pakek Samantha shade Copper Golden Blonde 2 dus, karena kali ini ukuran dan harganya setengah dari Nyu. Dan hasilnya? Warna cukup keluar dan kelihatan sampe bikin bapak gua bertanya-tanya. Tapi sayangnya, 2 dus ini masih kurang. Teknik gua ngecat rambut itu dari bawah, ketika sudah sampai bagian terakhir, bagian paling atas kiri..... habis catnya. Alhasil gua hanya ngolesin rambut sisanya ini pakek sisa cat yang nempel di sela jari-jari sisir cat rambut. 

Yak, hasilnya belang-bentong antara rambut bagian atas kiri dan kanan. Gua pun mengaplikasikannya sekali lagi pakek 1 dus cat rambut dengan merk yang sama. Total dalam dua hari aja gua ngecat rambut pakai 3 dus. Barulah warnanya keluar dan cukup membuat sedikit ‘highlight’ yang kelihatan bahkan dari jarak 7 meter. Gak lama setelah itu gua beli lagi cat rambut merk Beauty Labo shade Pure Beige. 

Cat rambut ini gua beli karena di kantor masih ada yang nyuruh gua buat warnain lagi rambut gua bagian atas. Gak paham lagi sih udah gua tiban 3 dus Samantha masih gak keluar juga tuh warna. Barulah setelah gua tiban untuk yang ke empat kalinya warna keluar juga. Satu bulan kemudian, gua beli lagi cat rambut dengan warna yang masih sama untuk diaplikasiin ke rambut-rambut yang baru tumbuh. Jadi, untuk retouch, gua hanya niban di rambut-rambut gua yang  hitamnya aja. Tapi kali ini gua cuma beli 2 bungkus, karena selain hanya buat rambut-rambut yang baru tumbuh, gua juga potong rambut. 

Untuk retouch yang pertama gua masih pakek tambahan conditioner. Memasuki bulan ke tiga gua penasaran retouch pakek Miranda shade Golden Brown 1 bungkus tanpa conditioer karena dah habis tuh conditioner. Hasilnya? ZONK! Sebenernya warnanya bagus, tapi.......... warnanya out dari shadenya Samantha alias keterangan. Jatohnya kayak rambut gua bagian atas ketumpahan byclean, warnanya belang, terang di atas doang. Belum lagi bagian bawahnya (karena teknik ngecat gua dari bawah), udah bukan cokelat terang lagi, tapi jadi merah, bagian paling bawahnya aja lho ya, pake paling ya. Seketika dengkul gua lemes, mata kunang-kunang, maag gua kambuh, gua kehilang arah pokoknya.

Keesokan harinya, gua langsung ngibrit nyari penetralnya. Melihat kekuatan Miranda yang cukup kuat, gua berfirasat kalau rambut ini ditimpa pake Miranda lagi yang shade-nya gak jauh dari Golden brown, masih bisa diakalin. Kenapa miranda lagi, karena setelah melihat kekuatan Nyu dan Samantha, keduanya kalah canggih dengan Miranda. Gua pen dapet Miranda shade Brown 1 dus. Sebelum niban pake yang brown, gua konsultasi dulu sama adik gua. Dia menyarankan agar gua ngecat dulu bagian bagian bawah rambut gua yang warnanya menjadi merah gulali, baru setelah hasilnya oke bisa lanjut ke rambut bagian atas.

Dengan polosnya gua nurut sama doi. Dan akhirnya gua terselamatkan, bahwa si Miranda Brown ini bisa ngeluarin gua dari lubang kehancuran. Segeralah gua niban si Miranda Golden Brown di atas kepala gua pake saudaranya yang Brown. Meski final look-nya gak 100% mirip sama si Samantaha yang masih pada nempel di rambut gua, cukup buat nutupin dosa si Golden Brown. Dari situ gua jadi jatuh cinta sama si Miranda Brown, alesannya gua udah jelasin di atas. 

Jadi, bakalan retouch pake Miranda lagi or not? Yash, retouch! Seperti yang kalian tau, harga Miranda di pasaran tuh masih lebih murah dari ongkos parkir kendaraan pribadi kalian kalau lagi nongkrong di mall-mall kebanggaan kalian. Belum lagi dengan kualitas high class meski TANPA proses bleaching yang bisa ngerusak masa depan rambut kalian. Jadi, ngecat rambut sendiri di rumah, yey or nay? OFCOURSE, YEAY!

Buat kalian sobat misqueen ku yang juga bercita-cita bisa ngecat rambut tapi low budget atau gak mau waste money hanya untuk ngecat rambut, kalian juga bisa ngecat sendiri di rumah kayak gua. Sedikit (banget) tip dari gua, be profesional ketika ngecat helai demi helai rambut kalian, jangan sampe ada bagian yang nggak yang nggak kecat alias gak rata. Kecuali kalian mau obre atau highlight ala-ala. Karena sebagai sobat misqueen, kita harus bisa jadi raja sekaligus pelayan yang baik buat diri sendiri. Be patient haha!

Sekian ulasan gua tentang cat rambut sendiri di rumah, saya maklum jika kalian bahkan gak baca tulisan gua sampai bagian ini. Gua sebagai penulis pum merasa gagal, karena dah nulis sampe 2 pages full di word gini :( Gitu aja kali ya penutupnya, gua gak mau menambah ke-enek-an sendiri baca tulisan sepanjang ini.
Anyong!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates